Jumat, 25 Maret 2011

INSTALASI PAKET DI LINUX


Kesimpulan dari instalasi paket di linux adalah Ada dua solusi yang ditawarkan oleh linux. Pertama yaitu menginstal melalui source code. Biasanya paket source code di akhiri dengan ekstensi .tar.gz, .tar.bz2, dan .zip. Dalam hal ini, orang tersebut harus mengompile sendiri paket tersebut dengan cara-cara yang telah ditetapkan oleh si pembuat source code yang biasanya ada di file Install atau Readme. Namun, cara ini mempunyai kelemahan. Terkadang si pembuat source code mensyaratkan paket tertentu ada di dalam sistem tersebut agar paket tersebut bisa terinstal dengan baik dalam sistem.
Instalasi paket di linux
Instalasi di linux meskipun sebenarnya tidak terlalu sulit, terkadang menjadi masalah bagi pengguna baru (pemula). Tidak seperti di Windows yang biasanya paket instalasi mempunyai extensi .EXE atau .MSI, cara instalasinya pun tinggal next, next, next.. dan viola.. program pun terinstal.
Pada edisi tips trik kali ini, akan dijelaskan bagaimana menginstal paket-paket di linux agar paket tersebut dapat terinstal dengan baik dikomputer. Setiap paket mempunyai teknik teknik yang berbeda-beda, tergantung jenis paket tersebut. Secara umum ekstensi paket-paket instalasi di linux antara lain .DEB, .RPM, .BIN, .RUN, .SH, .TAR.GZ, .TAR.BZ2
1. Paket .DEB
Paket ini biasanya dikhususkan bagi pengguna Linux Debian, Mepis, Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu. Cara instalasi paket ini, boleh di bilang mudah, karena cukup klik dua kali pada paket tersebut, kemudian jendela instalasipun akan terbuka.
2. Paket .RPM
Paket ini biasanya dikhususkan bagi pengguna Linux Red Hat, Fedora, CentOS, Mandriva, SUSE. Instalasi paket ini boleh dibilang susah-susah gampang, ada beberapa teknik tapi yang paling sederhana adalah dengan menggunakan perintah :
# rpm -ivh nama_file.rpm
3. Paket .BIN
Paket ini merupakan paket instalasi untuk semua jenis linux. Cara instalasinya dapat dilakukan dengan menggunakan perintah di konsol linux. Jangan lupa login terlebih dahulu sebagai root, berikut caranya
a) Ubah file.bin agar dapat di eksekusi dengan menggunakan perintah
# chmod +x nama_file.bin
b) kemudian instal dengan menggunakan perintah
# ./nama_file.bin
4. Paket .RUN
Sama seperti paket .bin, paket ini merupakan paket untuk semua jenis linux, Caranya cukup dengan mengetikkan perintah dibawah ini di konsol linux :
./nama_file.run
5. Paket .RUN
Paket dengan extensi sh adalah file script yang isinya text file ASCII. file bash script ini biasanya hanya berisi kumpulan-kumpulan perintah. Cara menjalankannya :
a) Ubah file.sh agar dapat di eksekusi dengan menggunakan perintah
# chmod +x nama_file.sh
b) kemudian instal dengan menggunakan perintah
# sh nama_file.bin atau ./namafile.sh
6. Paket .TAR.GZ & .TAR.BZ2
Paket .TAR.GZ & .TAR.BZ2 itu merupakan hasil dari sebuah file kompresi. seperti rar atau zip di windows, cara instalasinya :
a) Ekstrak file dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :
# tar xvzf nama_file.tar.gz atau tar xvjf nama_file.tar.bz2
b) Kemudian masuk ke direktori paket yang telah diinstal
# cd package
c) Kemudian konfigurasi paket dengan perintah
# ./configure
d) kemudian compile paket tersebut dengan perintah
# make
e) terakhir instal paket tersebut
# make install

Tips Instalasi Paket Linux Dengan Dag Wieers

I. Pendahuluan

Salah satu alasan seseorang tidak menggunakan linux adalah sulitnya untuk menginstal sesuatu di dalam linux dan tidak seperti Windows yang sangat mudah di dalam menginstal sesuatu ke dalam sistemnya. Hal ini karena sistem penginstalan di dalam linux menggunakan paket-paket sehingga seseorang bisa memilih paket mana yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Namun, sulitnya lagi ternyata paket-paket yang kita butuhkan pun harus memiliki paket-paket support agar paket-paket utama bisa terinstal dengan baik dalam sistem linux. Hal ini dikenal dengan nama dependency atau kebergantungan. Jika paket-paket support tersebut tidak dapat terinstal dengan baik, maka jangan harap paket utama dapat terinstal di dalam sistem linux. Belum lagi ditambah banyaknya distro-distro linux yang bermunculan, sehingga mengakibatkan paket-paket supportnya pun berbeda antar distro. Ditambah lagi dengan versi kernel suatu distro yang berbeda-beda yang membuat paket-paket support tersebut berbeda pula. Bisa dibayangkan bagaimana pusingnya seseorang jika menghadapi hal seperti itu. Mungkin timbul pertanyaan, bagaimana solusinya?

Ada dua solusi yang ditawarkan oleh linux. Pertama yaitu menginstal melalui source code. Biasanya paket source code di akhiri dengan ekstensi .tar.gz, .tar.bz2, dan .zip. Dalam hal ini, orang tersebut harus mengompile sendiri paket tersebut dengan cara-cara yang telah ditetapkan oleh si pembuat source code yang biasanya ada di file Install atau Readme. Namun, cara ini mempunyai kelemahan. Terkadang si pembuat source code mensyaratkan paket tertentu ada di dalam sistem tersebut agar paket tersebut bisa terinstal dengan baik dalam sistem. Hal ini bisa terlihat jika si pembuat source code menggunakan perintah:
# ./configure
Perintah tersebut mengecek paket-paket support yang dibutuhkan agar paket tersebut dapat terinstal dengan baik dalam sistem. Kedua, linux menggunakan perintah agar suatu paket dapat terinstal secara otomatis. Di dalam keluarga Red Hat seperti RHEL, Fedora, dan Centos menggunakan perintah yum. Sehingga jika kita ingin menginstal agar paket bind ada dalam sistem kita cukup ketikkan perintah:
# yum -y install bind
maka secara otomatis paket bind dan paket-paket supportnya akan terinstal dalam sistem kita. Maka dari itu, sistem kita harus terhubung dengan internet. Dan perlu diketahui bahwa jika kita menggunakan perintah yum, maka pada hakekatnya kita menghubungi alamat paket-paket tersebut yang kesemua paket tersebut berada di situs tertentu. Untuk melihat alamat situs yang dituju, maka bukalah di dalam folder /etc/yum.repos.d/. Di dalam folder tersebut ada 4 file yang merupakan alamat dari situs-situs yang dituju. Umumnya alamat yang digunakan adalah http://mirrorlist.centos.org. Namun terkadang, situs tersebut tidak mempunyai paket-paket yang diinginkan seperti misalnya paket vlc yaitu sebuah paket yang digunakan untuk melihat video di linux dengan hasil keluaran berupa vlc player. Ada sebuah situs yang mempunyai paket-paket yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna linux yang beralamat di http://dag.wieers.com. Situs ini hanya khusus pengguna keluarga Red Hat seperti RHEL, Fedora, dan Centos. Di dalam tutorial ini akan dijelaskan tentang langkah-langkah bagaimana agar kita bisa menggunakan perintah yum yang akan menuju alamat ke situs tersebut untuk menginstal paket-paket tertentu di Centos.

II. langkah-langkah

Di tutorial ini penulis menggunakan Centos 5.3 dan akan menginstal vlc player di dalam sistem penulis. Ceklah terlebih dahulu apakah internet sudah dapat terhubung dengan baik atau belum. Jika sudah, maka berikut adalah langkah-langkahnya:
#  yum -y install yum-priorities
# wget http://apt.sw.be/redhat/el5/en/i386/rpmforge/RPMS/rpmforge-release-0.3.6-1.el5.rf.i386.rpm 
Karena Centos 5.3 itu merupakan cloning dari RHEL 5, maka penulis mengambil paket RHEL 5 atau el5. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di sini. Sesuaikan dengan sistem yang kita gunakan. Sebagai gambaran, jika menggunakan Fedora 3 dan 4 serta Centos 4 maka pilih nama folder el4. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di sini di bagian Relationship to free or community distributions.
# rpm --import http://dag.wieers.com/rpm/packages/RPM-GPG-KEY.dag.txt
# rpm -K rpmforge-release-0.3.6-1.el5.rf.*.rpm 
Sesuaikan dengan OS kita. Karena penulis menggunakan Centos 5.3 maka penulis mengambil paket yang berekstensi el5. Intinya harus sama dengan langkah yang kedua. Untuk lebih jelasnya, paket rpmforge mana yang cocok dengan sistem kita, silahkan lihat di sini.
#  rpm -i rpmforge-release-0.3.6-1.el5.rf.*.rpm
Sekali lagi sesuaikan dengan OS kita.
# yum -y nama_paket
Jika kita ingin menginstal paket vlc, maka ketikkan:
# yum -y install vlc
Dan kita hanya tinggal duduk yang manis agar paket vlc tersebut terinstal dengan baik dalam sistem kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar